LIQUID FUEL (Bahan bakar cair)

Heavy Oil

Heavy oil adalah jenis bahan bakar cair yang sifatnya lebih kental dibandingkan dengan ahan bakar seperti solar. Bahan bakar jenis ini mengeluarkan zat karbon dari gas buang dari chimney/cerobong lebih pekat, maka dari itu diperlukan threatment terhadap gas buang yang kotor tersebut lebih baik agar tidak mencemari lingkungan. Namun sebenarnya, jika settingan burner nya pas (komposisi udara dengan bahan bakar, maka gas buang akan lebih bersih dan pembakaaran lebih sempurna. Beberapa jenis bahan bakar heavy oil diantaranya adalah;

Residu


Residu merupakan bahan bakar hasil pengolahan dan pemisahaan binyak bumi dan residu ini ada di lapisan paling rendah di antara bahan bakar hasil pengolahan minyak bumi lainnya.

RCO (rubber compound oil)


RCO adalah bahan bakar yang dihasilkan dari proses pengolahan ban bekas (limbah ban kendaraan) dan didapatkan minyak hasil penyulingan setelah limbah ban tersebut di panaskan dalam suhu tinggi. Berdasarkan hasil pengukuran nilai kalori, RCO memiliki nilai kalori cukup tinggi, yakni sekitar 12.000 Kcal/kg dan nilai heatpoint yang cukup baik sehingga tidak memerlukan pemanas sebelum bahan bakar RCO ditransfer ke burner engine.

MFO (Marine Fuel Oil)


MFO adalah bahan bakar residu, namun dikarenakan biasa dipakai untuk bahan bakar boiler di dalam kapal laut seperti tanker, maka istilah residu untuk bahan bakar ini di namai dengan istilah marine comfound oil.

Light Oil

Minyak solar adalah bahan bakar minyak jenis distillate dan berwarna kuning coklat yang jernih. Minyak solar ini pada umumnya dipergunakan sebagai bahan bakar pada semua jenis mesin diesel dan juga sebagai bahan bakar untuk pembakaran langsung didalam dapur-dapur kecil, dimana dikehendaki pembakaran yang bersih. Solar merupakan light oil yang biasa digunakan sebagai bahan bakar boiler, harga solar untuk industri cenderung mahal dibandingkan dengan harga solar untuk kendaraan. Namun nilai kalori yang dihasilkan lebih tinggi untuk pembakaran, lebih tinggi dibandingkan gas maupun batu bara. 

Nilai kalori adalah suatu angka yg menyatakan jumlah panas / kalori yg dihasilkan dari proses pembakaran sejumlah tertentu bahan bakar dengan udara / oksigen. Nilai Kalori bahan bakar MINYAK, umumnya antara 18.300 ~ 19.800 BTU/lb sedangkan Nilai energi kalori 1 liter solar adalah 9.240 kkal. Nilai kalori berbanding terbalik terhadap Berat Jenis. Pada volume yg sama, semakin besar Berat Jenis semakin rendah nilai kalorinya. 

Kami melayani permintaan Thermal oil heater, Boiler, Burner, dan accessories boiler. 

Klik di sini untuk melihat website official perusahaan pembuat boiler dan Thermal oil heater 

Call me for order and more information:
Nama : Farhan eL wajidi
Mobile : 081282410119 (Tlp/WA) 
Email : farhan.ptindira@gmail.com

Laksana Business Park 
Tangerang, Banten - Indonesia